Cbr psikologi pendidikan

CRITICAL BOOK REPORT
MATA KULIAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN
NAMA : HOT DO BOY
NIM : 1172171013





FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2018



KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Allah Swt, berkat rahmat-Nya, penulis dapat menyelesaikan Critical Book Report  untuk memenuhi tugas Critical Book Report Psikologi Pendidikan.

Oleh karena itu, penulis mengucapkan terimakasih kepada :

1Ibu nurhairani , S.Pd, M.Pd selaku dosen Psikologi Pendidikan di Universitas Negeri Medan atas kesempatan yang telah diberikan kepada penulis untuk mengerjakan tugas Critical Book Report ini.
2.   Semua sahabat dan teristimewa kepada orangtua yang telah memberikan dorongan dan doa kepada penulis dan juga memberikan bantuan kepada penulis sehingga Critical Book Report  ini dapat terselesaikan.

Tak lepas dari kekurangan, penulis sadar bahwa Critical Book Report ini masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik yang membangun diharapkan demi karya yang lebih baik dimasa mendatang. Semoga Critical Book Report ini dapat melengkapkan tugas saya sebagai mahasiswa dan untuk mata kuliah Psikologi Pendidikan.



Medan, 11 Maret 2018



Hot do boy



DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR 2
DAFTAR ISI 3
BAB I 4
PENDAHULUAN 4
1.1 Latar Belakang 4
1.2 Tujuan 4
1.3 Manfaat 4
BAB II 5
TINJAUAN PUSTAKA 5
2.1  Informasi Bibliografi 5
Buku Utama 5
Buku Pembanding 6
2.2  Ringkasan Buku 6
BAB III 11
KELEBIHAN DAN KELEMAHAN BUKU 11
KELEBIHAN 11
KELEMAHAN 11
BAB IV 12
PENUTUP 12
KESIMPULAN 12
SARAN 12




BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Psikologi pendidikan merupakan bahan ajar yang dapat digunakan untuk membantu untuk mengembangkan kompetensi pedagogik bagi profesinal guru, terutama dalam menguasai konsep untuk memahami perilaku dan proses kognitif di dalam proses belajar dan pembelajaran.
Mengingat betapa urgensinya persoalan psikologi dalam kehidupan manusia khususnya dalam dunia pendidikan maka factor ini mendorong psikologi terus dikaji dan dipelajari oleh banyak orang, guru, pengacara, manajer perusahaan, pembina dan lain sebagainya.
Mempertimbangkan factor pertama bahwa psikologi pendidikan adalah perangkat utama untuk kegiatan belajar mengajar. Ilmu pengetahuan sebagai unsur kebudayaan maka kehadiran dan perkembangan sejalan atau seirama dengan tingkat wujud kerja serta proses ilmu pengetahuan itu selalu hadir dalam aktivitas sehari-hari manusia. Psikologi ini diharapkan dapat membantu pendidik dalam menerapkannya dalam proses belajar dan pembelajaran.
1.2 Tujuan
1. Mengulas isi sebuah buku
2. Mencari dan mengetahui informasi yang ada dalam buku
3. Membandingkan isi buku pertama dan 2 buku pembandinh
1.3 Manfaat
1. Untuk memenuhi tugas mata kuliah “Psikologi Pendidikan”
2. Untuk memperluas wawasan dan pengetahuan tentang psikologi pendidikan
3. Untuk mengetahui kelemahan dan kelemahan buku utama dan 2 buku pembanding

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1  Informasi Bibliografi
Buku Utama
           

Judul : Psikologi pendidikan
Pengarang : Prof. Dr. Sri Milfayetty S.Psi., Ms. Kons, Dr. Anita Yus.,M.Pd,
Dra. Nuraini., S.Psi., MS, Dra. Rahmamulya M.Pd., kons, Drs. Edidion Hutasuhut M.pd, Dra. Zulhaini
Penerbit : Program Pasca Sarjana Unimed
ISBN : 978-602-8207-18-8
Jumlah Halaman : 210 hal
Buku Pembanding


Judul : Psikologi Pendidikan
Pengarang : Drs. M. Ngalim Purwanto, MP.
Penerbit : PT. Remaja Rosdakarya
ISBN : 979-514-036-1
Tahun Terbit : 2004
Jumlah Halaman : 169 hal















Judul : Psikologi Pendidikan & pengajaran teori & praktik
Pengarang : Beni s.ambarjaya
Penerbit : PT .buku seru
Tahun Terbit : 2012
Jumlah Halaman : 169 hal







2.2  Ringkasan Buku
BAB I
Psikologi ialah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia, tingkah laku disini di artikan secara luas ialah segala kegiatan, tindakan perbuatan manusia yang maupun yang tidak kelihatan,yang disadari maupun tidak disadarinya. Termasuk di dalamnya: cara berbicara, berjalan, berpikir/atau mengambil keputusan, cara ia mengambil sesuatu, caranya beraksi terhadap segala sesuatu yang datang dari luar dirinya, maupnun dari dalam dirinya.
Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan
Yang merupakan ruang lingkup psikologi  pendidikan, antara lain:
Sampai sejauh mana faktor-faktor pembawaan dan lingkungan yang perpengaruh  terhadap belajar
Sifat-sifat dari proses belajar
Hubungan dengan tingkat kematangan dengan kesiapan belajar
Signifikansi pendidikan terhadap perbedaan-perbedaan individual dalam kecepatan dan keterbatasan belajar
Perubahan-perubahan jiwa (inner Changes) yang terjdi selama dalam belajar.
Hubungan antara prosedur-prosedur dengan hasil belajar.
BAB II
Pembawaan dan Lingkungan
a. Aliran Nativisme
b. Aliran Empirisme
c. Hukum Konvergensi
Pengaruh pembawaan pada pengaruh lingkungan.
a. Keturunan
b. Pembawaan
c. Keturunan
d. Bakat
Beberapa Macam Pembawaan Dan Pengaruh Keturunan, antara lain:
Pembawaan Jenis
Pembawaan Ras
Pembawaan Jenis Kelamin
Pembawaan Perseorangan
BAB III
Daya-daya yang mendorong manusia dari dalam untuk melakukan perbuatan itu disebut Dorongan Nafsu (driften). Dorongan nafsu Ialah kekuatan pendorong maju yang memaksa dan mengejar kepuasan dengan jalan mencari, mencapai sesuatu yang berupa benda-benda ataupun nilai-nilai yang tertentu.
  Dalam garis besarnya dorongan nafsu dapat dibagi menjadi tiga golongan, yaitu :
a)    Dorongan nafsu yang mempertahankan diri
b)    Dorongan nafsu yang mempertahankan diri
c)     Dorongan nafsu mempertahankan jenis
BAB IV
Berfikir adalah satu keaktifan pribadi manusia yang mengakibatkan penemuan yang terarah kepada satu tujuan. Kita berfikir untuk menemukan pemahaman atau pengertian yang kita kehendaki. Bahasa adalah alat yang terpenting bagi berfikir.  Tanpa bahasa manusia tidak dapat berfikir.
Beberapa Macam Berfikir
Berpikir induktif - ialah suatu proses dalam berpikir yang berlangsung dari khusus menuju ke umum.
Berpikir deduktif - ialah prosesnya berlangsung dari yang umum ke khusus.
Berpikir analogis - ialah berpikir dengan jalan menyamakan atau memperbandingkan fenomena –fenomena yang biasa atau yang pernah di alami. BAB V
Intelegensi ialah kemampuan yang di bawa sejak lahir, yang memungkinkan seseorang berbuat seseatu dengan cara yang tertentu.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Inteligensi Seseorang
1. Pembawaan
2. Kematangan
3. Pembentukan
4. Minat
5. Kebebasan
BAB VI
Motivasi berasal dari kata Inggris motivation yang berarti dorongan, pengalaman dan motivasi.
Macam-Macam Motivasi
a. Motivasi intrisik
Yang dimaksud dengan motivasi intrisik adalah motif-motif yang menjadi aktif atau berfungsinya tidak perlu dirangsang dari luar, karena dalam setiap diri individu  sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu..
b. Motivasi ekstrinsik
Motivasi ekstrisik adalah kebalikan dari motivasi intrinsik.  Motivasi ekstrinsik adalah motif-motif yang aktif dan berfungsi karena adanya perangsang dari luar.
Fungsi Motivasi Dalam Belajar
Mendorong timbulnya kelakuan atau suatu perbuatan, seperti timbulnya dorongan untuk belajar.
Motivasi berfungsi sebagai pengarah, artinya mengarahkan perbuatan ke pencapaian tujuan yang diinginkan.
Motivasi berfungsi sebagai penggerak, artinya besar kecilnya motivasi akan menentukan cepat atau lambatnya suatu perbuatan.
BAB VII
Faktor Yang Mempengaruhi Belajar
1. Kematangan/ pertumbuhan
2. Kecerdasan
3. Latihan dan ulangan
4. Motivasi
5. Sifat-sifat pribadi seseorang.
6. Keadaan keluarga
7. Guru dan cara mengajar
8. Alat-alat pelajaran
9. Motivasi sosial
10. Lingkungan dan kesempatan.
BAB  VIII
Minat merupakan suatu kondisi yang terjadi apabila seseorang melihat ciri-ciri atau arti sementara situasi yang dihubungkan dengan keinginan keinginan atau kebutuhan-kebutuhannya sendiri. Minat juga dapat diartikan sebagai  suatu tanda kematangan dan kesiapan seseorang untuk bergiat dalam kegiatan belajar.
Sikap adalah cara menempatkan atau membawa diri, atau cara merasakan, jalan pikiran, dan perilaku. Kata ini bisa juga dimaknai sebagai perasaan seseorang tentang obyek, aktivitas, peristiwa dan orang lain. Perasaan ini menjadi konsep yang merepresentasikan suka atau tidak sukanya seseorang pada sesuatu.

BAB III
KELEBIHAN DAN KELEMAHAN BUKU
KELEBIHAN
Ketiga buku tersebut sangat menarik untuk dibaca karena memuat berbagai maca informasi yang berbeda-beda mengai psikologi pendidikan.
Ketiga buku tersebut sangat bermanfaat bagi guru/calon guru (mahasiswa) untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang psikologi pendidikan.
Ketiga buku tersebut menjelaskan secara rinci dan detail setiap babnya sesuai dengan topik yang tertera didalam buku.
Ketiga buku ini sangat baik untuk dibaca terutama untuk jurusan psikologi dan untuk calon guru karena didalam buku tersebut bias membantu kita untuk mengetahui tumbuh dan berkembangnya peserta didik.
Ketiga tersebut memuat beberapa contoh – contoh yang jelas sehingga pembaca lebih mudah untuk mengerti.
Ketiga buku tersebut banyak memaparkan pendapat para ahli sehingga informasi yang dituangkan dalam buku tersebut dapat dipercaya.
Ketiga Buku utama dan pembanding kedua memiliki cover yang bagus sehingga menarik kita untuk membacanya.
KELEMAHAN
Ketiga buku tersebut ada beberapa kalimat yang berbelit-belit dan terdapat nada kata-kata asing yang sulit dipahami.
Sistematika pada buku diktat ada beberapa kata yang kurang seperti kata seseorang ditulis seserng dll.
Pada utama sangat sedikit membahas mengenai psikologi belajar pada anak dan remaja.

BAB IV
PENUTUP
KESIMPULAN
Psikologi Pendidikan merupakan salah satu cabang psikologi yang secara khusus mengkaji perilaku individu dalam konteks situasi pendidikan dengan tujuan untuk menemukan berbagai fakta, generalisasi dan teori-teori psikologi berkaitan dengan pendidikan, yang diperoleh melalui metode ilmiah tertentu, dalam rangka pencapaian efektivitas proses pendidikan. Hubungan antara teoritis dan praktis memiliki keterkaitan dan tidak bisa dipisahkan. Praktik pendidikan seharusnya berlandaskan pada teori pendidikan. Demikian pula, teori-teori pendidikan seharusnya bercermin dari praktik pendidikan. Perubahan yang terjadi dalam praktik pendidikan dapat mengimbas pada teori pendidikan. Sebaliknya, perubahan dalam teori pendidikan pun dapat mengimbas pada praktik pendidikan.
SARAN
Dalam penulisan makalah critical book report ini, penulis menyadari bahwa penyusunan makalah ini tidak luput dari kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan senantiasa penyusunan nanti dalam upaya evaluasi. Penulis berharap, bahwa dibalik ketidak sempurnaannya penulisan dan penyusunan manakalah ini adalah ditemukan sesuatu yang bermanfaat atau bahkan hikmah dari penulis, pembaca, dan bagi seluruh Universitas Negeri Medan. Sehingga teori-teori psikologi belajar bisa menjadi patokan dan dapat di aplikasikan ketika kita melakukan proses belajar mengajar kelak.

Komentar